Tak ada yang sempurna: Rubah Radio Jadul Menjadi Speaker Aktif

Rubah Radio Jadul Menjadi Speaker Aktif


....."Assalamu'alaikum Wr. Wb".....





       Barang kuno adalah barang yang mempunyai kadar seni dan juga mempunyai nilai jual yang tinggi.
Benda atau barang-barang kuno sangat di gandrungi hampir semua orang pada saat ini. Di samping sebagai koleksi dan bisnis, banyak juga yang beralasan hanya untuk pemuas hati.
Karena barang kuno memiliki sejarah, kenangan, dan juga nilai seni.
Maka tak heran jika banyak orang yang berburu sesuatu barang atau apapun itu yang menurutnya bernilai seni dan juga berharga jual tinggi.

Seperti halnya Cinta, Senipun juga menyangkut perasaan. Banyak juga yang rela membeli sesuatu barang yang harganya selangit hanya untuk memuaskan hasrat hatinya, karena menurutnya barang tersebut bernilai seni tinggi dan juga bisa menyenangkan hatinya. Itulah perasaan.


Seperti halnya barang kuno, radio lama atau jadul yang sudah rusak, sungguh sangat disayangkan jika harus dibuang. Di samping dari modelnya yang klasik ataupun nyentrik, terkadang bentuknya pun juga tergolong unik. Jika bisa kita manfaatkan untuk fungsi yang lain mungkin juga akan sangat berguna, daripada harus di buang.

Sebenarnya ada banyak sih barang-barang kuno dirumah ane yang sudah tidak bisa dipakai atau rusak.
Namun disini ane akan explore atau share salah satu barang peninggalan bokap ane yang akan ane rubah manfaatnya. Daripada rusak dan juga tidak bisa dipakai lagi, sayang banget bila juga harus dibuang. Karena radio ini mempunyai kenangan tersendiri buat ane. Radio ini pun adalah alat penghibur ane dan keluarga tercinta di kala ane masih mengenyam bangku sekolah dasar. Dan daripada tidak bisa dipakai atau rusak, mending ane rubah saja fungsinya.


Okay langsung saja sob, ane akan membagikan sedikit cara membuat karya inovatif sederhana dan juga akan menambah lagi koleksi dari mbah google, agar kita bisa mendapat pencerahannya ataupun bisa menambah referensi bagi sobat-sobat sekalian yang ingin mencari ilmu.

"Rubah Radio Jadul Menjadi Speaker Aktif"


Baca juga : Skema Membuat Rangkaian Anti Konslet Untuk Servis Lampu LHE Atau Elektronik


  • Pertama persiapan bahan. Siapkan speaker aktif yang tentunya masih berfungsi dan juga masih bisa digunakan.





  • Lalu radio jadul yang akan kita rubah fungsinya.





  • Kemudian bongkar speaker aktif . ambil speaker juga mesin pcb atau kit nya. Lepaskan semua kabel yang menempel di mesin pcb nya menggunakan solder. Namun juga harus hati-hati dan juga teliti, agar tidak salah sambungan saat perangkaian nantinya.





  • Lepas juga mesin pcb radio jadul yang sudah rusak. Kemudian kita ganti menggunakan mesin pcb atau kit speaker aktif yang sudah dibongkar tadi. Buat juga tatakan dari kayu atau triplek untuk speaker dan juga mesin kit pcb nya agar kuat dan tidak mudah lepas. Kreasikan sesuai selera sobat. Lalu kita rangkai dan sambung kembali kabel-kabel dari mesin pcb speaker aktif kedalam radio jadul menggunakan solder.





  •  Setelah semua rangkaian sudah tersambung dan bila dirasa juga sudah tidak ada getar-getarnya. Lalu kita buatkan penutup belakang radio speaker aktif dari potongan papan kayu. Agar kokoh dan bila ada kerusakan-kerusakan kecil pada komponen bisa dengan mudah untuk dilepas atau dibuka dan diperbaiki.





  • Kemudian kita lap dan bersihkan semua bodi luar radio speaker aktif agar terlihat indah dan nyaman saat dipakai. Setelah semua selesai, tinggal kita pakai dan fungsikan Radio Speaker Aktif yang sudah kita rangkai tadi.





  • Selesai.







***







       Itulah sedikit tutorial dari saya. Semoga bisa menambah wawasan dan kreativitas untuk kita semua.


Note : Jangan bosan untuk mencoba hal baru. Seburuk apapun hasilnya, minimal pernah mencoba. Ciptakan karya dan nikmati prosesnya.







Baca jugaPajangan Dinding Peta Indonesia

















....."Wassalamu'alaikum Wr. Wb".....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar