Tak ada yang sempurna: Jam Dinding Talenan

Jam Dinding Talenan



....."Assalamu'alaikum. Wr. Wb".....





        Waktu adalah suatu masa atau suatu keadaan yang sedang berlangsung. Kemarin adalah sebutan untuk waktu yang telah berlalu. Esok atau lusa adalah waktu yang akan dilewati.
Dan yang sebenarnya waktu adalah sekarang yang sedang dijalani.

Dijaman yang modern seperti saat ini, kita sudah lebih dipermudah dengan adanya jam, untuk selalu mengingatkan kita akan pentingnya waktu.


     Jam adalah alat untuk menunjukan waktu. Bentuk dari alat jam itu sendiri sangat bervariasi, dari yang model gaya kuno yang masih menggunakan gerigi untuk menggerakan alat jam tersebut, atau yang modern menggunakan baterai untuk menjalankan alat jam tersebut.
Bahkan ada yang lebih canggih lagi seperti jam tangan yang menggunakan pir abadi atau menggunakan gaya gerak dari si pemakai jam tangan tersebut agar jam tangan akan terus berfungsi.

Dari kata berbagai bentuk dan gaya itulah ane sedikit punya ide untuk membuat karya seni inovatif sederhana yang tidak banyak mengeluarkan banyak biaya dan hanya memanfaatkan barang-barang yang ada di sekitar kita. 😁

Namun setelah tidak sengaja pagi-pagi ane lagi silaturahmi ke rumah mbah google, ternyata bentuk dari jam dinding talenan ini banyak yang sudah membuatnya. Sedikit ada perasaan kesal dan kecewa sih, karena karya yang ane buat ini ternyata sudah banyak yang membuatnya. Mungkin  saja ide ini muncul karena dejavu yang ane alami.
Tapi tak apalah, itung-itung untuk menambah koleksi mbah google supaya bisa selalu menginspirasi banyak orang yang membutuhkan.


     Okay ane akan sedikit berbagi tutorialnya kepada kawan-kawan, semoga dapat menambah wawasan dan inspirasi untuk kita semua. Langsung saja ke topik pembahasan kawan. 😁


Cara sederhana "Membuat Jam Dinding Talenan".


** Pertama : Siapkan dulu bahannya yaitu "Talenan". 



Sudah tau kan sob apa itu talenan?!. Talenan adalah peralatan dapur yang biasa dipakai sebagai alas untuk memotong bahan-bahan makanan dalam aktivitas memasak. 

Biasanya sih ibu-ibu rumah tangga yang paling hafal untuk alat yang satu ini. 😁





** Kedua : "Mesin jam".


Tentunya yang masih berfungsi loh sob. Akan jauh lebih baik jika sobat pakai mesin jam yang baru. Untuk harganya juga tidak terlalu menguras kantong. di tempat saya hanya Rp. 12 ribu untuk kualitas yang standart. Beda negara beda harga. 😂

Tapi jika sobat belum ada yang sudah soak pun juga boleh, hanya sebagai referensi penempatan sebelum di pasang keseluruhannya.





** Ketiga : "Proses perakitan".



Lubangi tengah talenan dengan bor dan beri coakan selebar ukuran mesin jam dengan kedalaman menyesuaikan ketebalan dari talenan yang akan sobat buat. 
Bisa juga pakai tatah milik tukang kayu bila perlu, agar coakan pas atau presisi, supaya mesin jam sobat tidak goyah saat sudah jadi dan dipasang nantinya.





** Keempat : "Haluskan dan poles".


Haluskan permukaan talenan dengan amplas halus dan poles dengan plitur agar jam talenan sobat lebih terkesan artistik. 
Lalu beri angka penanda waktu dengan stiker, atau juga bisa diukir sesuai selera sobat.





** Kelima : "Pasang di dinding".


Pasang jarum jam dan baterai, lalu tempatkan sesuai keinginan sobat dan
"Selesai".



***




       Itulah sedikit tutorial dari saya. Semoga bisa menambah wawasan dan kreativitas untuk kita semua.


Note : Jangan bosan untuk mencoba hal baru. Seburuk apapun hasilnya, minimal pernah mencoba. Ciptakan karya dan nikmati prosesnya. 







....."Wassalamu'alaikum Wr. Wb".....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar